Jumat, 04 Maret 2011

MY ARTIKEL

LUNTURNYA ADAT KETIMURAN

Pemanasan global atau yang sering disebut globalisasi sudah menjuru di seluruh dunia. Faktor yang paling umum dari globalisasi adalah ulah dari manusia itu sendiri yang tidak pernah puas apa yang tlah diberikan oleh Tuhan. Mereka hanya mementingkan uang,uang,dan uang saja dan tidak pernah mau mengingat siapa yang membuat mereka hidup.
Dari globalisasi ini menyebaban nilai-nilai moral,estetika, dan adat istiadat yang berada di daerah ketimuran luntur, terutama di Indonesia. Sehingga budaya asing dengan mudahnya masuk ke Indonesia mengubah adat istiadat daerah ketimuran terutama Indonesia. Situasi di mana banyak budaya asing masuk ke negara ini, warganya sudah tidak mampu lagi menyeleksi mana yang baik dan mana yang buruk. Akibat atau dampak dari globalisasi ini yaitu negaa indonesia menjadi individualisme, konsumtif, dan perubahan pola hidup. Yang kita rasakan saat ini adalah para generasi muda sudah kehilanga jati dirinya. Mereka berlomba-lomba meniru gaya hidup ala barat yang tidak cocok atau tidak pantas di Indonesia.
Kita tahu bangsa ini adalah bangsa yang disegani oleh bangsa lain akan budayanya. Karena kurang kuatnya keimanan bangsa Indonesia sehingga bangsa Indonesia mudah sekali terpengaruh oleh budaya barat. Bangsa Indonesia yang sekarang telah berubah, tidak bisa memepertahankan budaya asli. Sehinnga bangsa lain gimana gitu memandang Indonesia. Nilai-nilai adat istiadat yang dahulu kita punya sekarang sudah tidak ada, mulaidari tata krama sampai kemanusiaan pun jarang kita temui. Inikah bangsa Indonesia yang sekarang yang tidak punya estetika yang pantas??????????????
Bangsa ini mudah sekali terpengaruh oleh bangsa lain. Unuk itu perlu bangsa ini berbenah diri untuk menghadapi globalisasi, dengan cara meningkatkan keimanan kita kepada Yang Agung, berpedoman pada pancasila, memilih yang terbaik untuk bansa ini sesuai hat nurani, ingat akan sejarah, menjaga kebudayaan kita dengan baik


NENDA CLAUDIA, JLN.PUNTADEWA 02/07,KRAS,KEDIRI,JATIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar